Selasa, 24 April 2012

SUPERKOMPUTER TEKNOLOGI WATSON

SUPERKOMPUTER TEKNOLOGI WATSON

A.    Pendahuluan
1.      Latar belakang
IBM merupakan perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia. Sudah banyak terobosan-terobosan baru, produk-produk yang lebih inovatif. Baru-baru ini IBM telah menciptakan terobosan terbaru dalam perkembangan teknologi informasi yakni suatu super computer dari teknologi Watson. Di dalam super computer tersebut pastinya memiliki arsitektur dan oragnisasi yang cukup canggih dan rumit. Dalam artikel ini akan sedikit membahas tentang organisasi computer yang ada di dalam super computer Watson yang dicipakan oleh IBM.
2.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana organisasi computer IBM dari teknologi Watson buatan IBM sehingga disebut computer super?
2.      Bagaimana arsitektur computer IBM yang mempunyai teknologi Watson sehingga dapat melakukan proses sampai 200juta halaman content per detik?

B.     Tinjauan Pustaka
1.      Arsitektur dan Organisai Komputer
Computer merupakan suatu alat elektronik yang di dalamnya terdapat hardware dan software yang mempunyai suatu organisasi dan arsitektur tersendiri.
Arsitektur computer merupakan atribut-atribut sustem computer yang terkait dengan seorang programmer. Misalnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sedangkan organisasi computer sendiri merupakan bagian yang terkait engan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponenpenyusun system computer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Misalnya, hardware, teknologi memori, system memori, dan sinyal-sinyal control.
2.      Supercomputer
Supercomputer adalah sebuah computer yang memimpin did dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan. pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.  Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.
Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.
Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat. dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.
3.      Teknologi Watson
Watson adalah terobosan baru di bidang ilmu pengetahuan dalam kemampuan bertanya an menjawab atau yang sering disebut “QA”. Piranti lunak Watson didayai oleh server IBM, perusahaan teknologi informasi tebesar di dunia, POWER7 yang dioptimalkan untuk menangani berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dengan kecepatan tinggi guna menganalisa bahasa yang rumit dan memberikan jawaban yang tepat atas petunjuk-petunjuk yang diberikan. System ini terdiri dari berbagai teknologi tertutup (proprietary) yang menangani perintah, memproses data dan pekerjaan secara bersamaan disamping menganalisa informasi secara real time.

C.  Pembahasan
1.        Organisasi Komputer dari Teknologi Watson sehingga Disebut Superkomputer
Mesin teknologi Watson berbasis server IBM power7 dan software IBMDeepQA. Mesinnya terdiri atas 90 server IBM Power 750 termasuk tambahan input/output, jaringan, dan node pengontrol cluster dalam 10 rak. Selain itu, total core atau intinya adalah 2880 dan RAM-nya mencapai 16 Terabite. Tiap server memakai delapan core prosesor dengan kecepatan 3,4 GHz dan empatthread untuk tiap core-nya. Oleh karena banyak dan besarnya kapasitas yang digunakan oleh komputer ini, maka komputer dengan teknologi Watson ini disebut sebagai supercomputer.
2.    Arsitektur Komputer dari Teknologi Watson sehingga dapat Melakukan Proses sampai 200 juta Konten per Detik
Arsitektur yang digunakan oleh teknologi Watson adalah dikerjakan dengan software bahasa Java dan bahasa C++ serta memakai system pendistribusi file Apache Hadoop, framework Apache UIMA (Unstructured Information Management Architecture), serta system operasi SUSELinux Enterprise Server 11. SUSELinux merupakan suatu software yang dirasa cocok bagi perusahaan. Sedangkan Apache Hadoop merupakan aplikasi yang bisa bekerja dengan ribuan node dan mendistribusikan banyak data. Oleh sebab itu, komputer dengan teknologi Watson bisa bekerja dengan cepat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar